Posted in Ibn Sina, Klasik, Sastrawan Muslim klasik

SALAMAN DAN ABSAL: ROMAN FILSAFAT IBN SINA


       Salaman dan Absal merupakan roman yang mengilustrasikan perjalanan manusia menuju pengetahuan sejati dengan perantaraan indera, akal, dan jiwanya. Roman ini disusun oleh Ibn Sina ketika ia menjadi dokter pada dinasti Sasaniyah. Hanya teks (manuskrip) asli karya ini belum dapat dilacak. Kita dapat membaca karya ini hanyalah melalui catatan ringkasannya yang ditulis oleh Abu ‘Ubaid al-Jauzani, salah seorang murid Ibn Sina.

Sinopsis Karya 

       Dalam versi Abu ‘Ubaid ini, Salaman dan Absal disebutkan bahwa keduanya adalah nama dari tokoh utama dalam roman tersebut. Keduanya merupakan saudara kandung. Judul dan nama-nama tokoh utama dalam karya Ibn Sina tersebut mempunyai kemiripan dengan karya Yunani yang diterjemahkan oleh Hunain ibn Ishaq. Pada karya ini, misalnya, “Absal” merupakan nama dari sosok wanita.  Kemiripan judul dan tokoh ini, menurut Abbas Mahmud ‘Aqqad, tidak mengindikasikan keterkaitan substansi masing-masing roman tersebut satu sama lainnya.
Bersambung….
Advertisements

Author:

Berkeinginan untuk menjadi pembelajar dan pencari kebenaran Ilahi yang hakiki serta selalu berkeinginan untuk bersimpuh membawakan terumpah dan jubah untuk Rasulullah. semoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s